Wednesday, January 11, 2012

Cara Membangun Mental Menjadi Seorang Bloger yang Sukses

Cara Membangun Mental Menjadi Seorang Bloger yang Sukses

Bagaimana membangun mental seorang blogger sukses supaya tidak gagal ditengah jalan, juga harus dibarengi dengan bagaimana membangun pola pikir/mindset anda untukmemulai terjun dalam Bisnis internet. Ketika mindset sudah benar tanpa dibarengi mental yang ditanamkan sepertinya perjalanan menjadi blogger yang sukses akan sia-sia.

Saya ingin menceritakan sedikit tentang sahabat blogger dari tanah papua atau lebih tepatnya di daerah Timika. Namanya mas Haryanto belajar internet longlife, ditengah keterbatasan geografis yang begitu menghambatnya, dari mulai listrik yang menyala hanya beberapa jam, koneksi internet yang kurang mendukung, begitupun dengan waktu yang terbagi karena pekerjaan(offline) yang menuntutnya, beliau begitu gigih untuk belajar bisnis internet, karena hambatan tersebut bukan halangan, saya salut sekaligus beruntung bisa mengenal beliau yang mempunyai mental kokoh. Apa yang bisa kita petik dari seorang blogger tanah papua tersebut?

Yaitu sikap mental yang pantang menyerah yang tidak mau kalah dengan keadaan (saya yakin, suatu saat beliau akan menjadi blogger yang sukses). Naah…kenapa kita yang notabene di berikan keuntungan geografis yang tidak terlalu banyak halangan tidak mampu mempunyai mental seperti beliau? Mari kita bahas sikap mental apa saja yang seharusnya ditanamkan dalam diri kita untuk menjadi blogger yang sukses

Pantang menyerah alias jangan putus asa alias berani mengambil risiko: Anda pasti tahu cerita tentang Thomas A Edison, sang penemu bola lampu, dari percobaan ke 1000 lah akhirnya berhasil ditemukan lampu, bagaimana seandainya dia berhenti di percobaan ke 999? Mungkin sampai sekarang dunia ini akan gelap karena tidak ada lampu   pointnya adalah mental kita berani mengambil risiko gagal bukan berarti berhenti di tengah jalan, termasuk didalamnya adalah sabar karena semuanya perlu proses. Perlu digaris bawahi belajar bisnis internet tidak sesulit menemukan bola lampu 

Mau Belajar dari blogger yang telah sukses: Jangan mencari jalan sendiri, risikonya anda akan selalu trial & error dan akan banyak menghabiskan waktu, pergunakanlah waktu sebaik mungkin, risiko yang lebih besar lagi adalah overload informasi akhirnya anda menyerah. Banyak blogger yang telah sukses yang mauberbagi tips terhadap kita(newbie) untuk bisa mencontoh pengalamannya dalam hal monetize, karena blogger yang telah sukses merupakan peta dan petunjuk arah di rimba belantara internet ini.

Mau berinvestasi: Di setiap bisnis apapun investasi adalah hal yang wajib, perlu ditekankan jangan berinvestasi sembarangan, berinvestasilah secara cerdas, seperti membeli produk informasi sesuai dengan kebutuhan atau mengikuti kursus dan seminar tentang bisnis online yang sekarang sudah mulai marak diadakan, sekali lagi berinvestasilah secara cermat dan cerdas, jangan terprovokasi dengan iklan-iklan yang bombastis yang menawarkan cara cepat dapat uang, cara kilat dapat uang, atau 3D(duduk,diam,dapat duit).
Saya ingin menceritakan sedikit tentang pengalaman pribadi, yaitu berpromosi di sembarangan media untuk situs affiliates saya, akhirnya antara biaya promosi dengan penghasilan tidak seimbang, nahhh dari pengalaman itulah akhirnya saya bisa menemukan cara yang cermat dan tempat promosi yang tepat untuk berinvestasi, akhirnya antara biaya promosi dan profit bisa terukur.

Mau mengaplikasikan setiap pengetahuan yang kita dapat: Sekecil apapun informasi yang kita dapat, segera action kan jangan hanya mereview, tanpa action anda akan berjalan di tempat.

Bangunlah komunitas dan lingkungan yang mempunyai tujuan sama: Apabila anda sudah mulai tertarik dengan monetize di internet maka cari dan bangunlah komunitas untuk saling mensupport satu sama lain.

Dan masih banyak sikap mental yang lainnya yang perlu anda tanamkan, saya kira dari point-point diatas sudah cukup untuk membangun pondasi dasar mental andauntuk memulai terjun di bisnis online, perlu di ingatkan kembali membangun mental anda harus selaras dan sejalan dengan membangun pola pikir anda.

No comments:

Post a Comment