Saturday, April 9, 2011

Program Affiliate Marketing

Pada postingan saya sebelumnya saya sudah menyiggung Tentang Program Affiliate. Affiliate Marketing adalah salah satu cara memperoleh penghasilan dari internet. Affiliate Marketing termasuk sebuah bisnis besar. Tentu kita pernah mendengar istilah agen,reseller,broker ataupun calo. Sistem kerjanya ialah, orang yang berhasil menjual barang atau jasa dari pemilik barang atau jasa akan mendapatkan bayaran atau komisi dari si pemilik barang atau jasa tersebut. Sedangkan di dunia bisnis online Program affiliate marketing juga menerapkan sistem ini. Dalam sistem affiliate marketing, kita juga akan dibayar kalau kita berhasil menjual produk maupun jasa seorang merchant atau affiliate merchant.
Merchant atau affiliate merchant itu sendiri merupakan orang atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sedangkan orang-orang yang tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut Untuk menjualkan produknya. Dari Setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi (bayaran). Orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas disebut "affiliate marketers" atau affiliate.
Kalau kita mendaftarkan diri pada "affiliate program" milik Salah satu affiliate merchant, Untuk menjadi anggota atau sales online mereka maka kita akan diberi "link Khusus atau affiliate link" untuk mempromosikan atau menjual barang atau jasa yang ditawarkan. Lalu, affiliate merchant akan memberikan komisi atau bayaran kepada affiliate marketers bila mereka berhasil menjual produk atau jasa milik Affiliate merchant tersebut.
Cara kerja Affiliate Marketers adalah dengan mempromosikan atau menjual barang atau jasa milik Affiliate merchant dengan Link affiliate yang sudah diberikan oleh affiliate merchant tersebut kepada Affiliate marketer.
Contohnya, kita menemukan sebuah produk yang ditawarkan di internet. Pemilik produk membuka program affiliate & menawarkan komisi untuk setiap produk yang terjual. Kemudian, kita langsung mendaftarkan diri menjadi affiliate marketernya kemudian kita akan disuruh mengisi sebuah form yang sudah disediakan oleh situs tersebut. Biasanya kita diminta untuk mengisi nama, alamat lengkap,email, nomor telepon, dsb. Data yang disikan harus data asli. karena data tersebut akan berfungi untuk mencairkan komisi yang akan kita terima.
Pembayaran komisi dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti dibawah ini:
  • Dengan menggunakan check, namun pemabayaran dengan cara ini membutuhkan waktu yang relatif lama.
  • Dengan menggunakan Paypal
  • Dengan menggunakan Moneybookers
Bagi Anda yang belum memiliki Rekening online silahkan mendaftarkan diri anda di paypal dan Moneybookers segera, karena pembayaran komisi melalui rekening online akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan check.
Setelah kita selesai mengisi formulir pendaftaran, kita akan diminta untuk membaca "affiliate agreement" (perjanjian affiliate). Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasanya menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat & ketentuan yang diterapkan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut). Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka.
Setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah "affiliate link" untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut sampai terjadi transaksi penjualan atau pembelian. Kelebihan Affiliate marketer, kita tidak usah pusing tentang stok barang, pengiriman, administrasi pembayaran, dll. Serahkan semua pada merchant, biar Affiliate merchant yang urus.
Bagi Anda yang ingin menambah penghasilan anda dengan Affiliate marketing program, saya merekomendasikan beberapa situs yang memiliki Affiliate program seperti dibawah ini silahkan klik satu persatu untuk mendaftarkan diri anda:

Software Iklan Baris Massal

Adsense Indonesia

No comments:

Post a Comment